Buku Sejarah Banten



Judul Buku : Banten, Sejarah dan Peradaban Abad X-XVII
Penulis        : Claude Guillot
Penerbit      : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)

Banten merupakan salah satu wilayah di Pulau Jawa yang memiliki kisah sejarah, sehingga banyak sumber sejarahnya yang hanya saja sampai saat ini belum banyak tergali. Banten memiliki kekhasan tradisi sebagai daerah yang berada diantara dua tradisi utama Nusantara, yakni tradisi Kerajaan Jawa dan tradisi tempat perdagangan melayu.

Dahulu masyarakat Kerajaan Banten tidak menulis sejarahnya sendiri, akan tetapi para pengunjung asing yang mengunjungi daerah tersebut banyak menorehkan tinta mengenai keelokan daerah ini. Alhasil, rekonstruksi atas masyarakat, kebudayaan, dan mentalitas di daerah ini lebih baik daripada di daerah-daerah lainnya di Nusantara.

Kumpulan tulisan dalam buku Banten: Sejarah dan Peradaban Abad X-XVII ini membicarakan tiga topik utama, yakni Banten sebelum kedatangan Islam, komponen-komponen dari masyarakat Banten zaman Islam melalui tata perkotaan, perjuangan-perjuangan merebut kekuasaan dan terikatnya Banten pada dunia agraris, dan yang terakhir hubungan Banten dengan pihak-pihak asing.

Buku ini ditulis untuk mereka yang paling dekat dengan Sejarah Banten, yakni orang-orang Banten sendiri pada khususnya dan seluruh orang Indonesia pada umumnya, dengan harapan perhatian pembaca akan dicurahkan untuk melengkapi dan mendalami Sejarah Banten yang begitu kaya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Renovasi Gedung Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama

Sejarah Kesultanan Banten dan Tempat Bersejarah di Kawasan Banten Lama